Tips bersih-bersih rumah praktis tanpa ART

0
bersih bersih praktis tanpa ART
Peralatan bersih-bersih (Credit: Unsplash)

Drama ART gak balik setelah lebaran adalah hal yang sering banget terjadi ya. Nah, untuk menanggulanginya, biasanya marak memakai jasa infal, atau ART harian. Tapi kan pengeluaran bisa membengkak karena itu ya.

Nah gimana kalau mulai mandiri tanpa tergantung ART? 

Salah satunya adalah mencari cara praktis untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Simak tipsnya ya.

1. Bereskan sudut yang berantakan

Mulailah dari tempat yang paling berantakan seperti ruang makan setelah sarapan atau kamar tidur setelah bangun tidur. Setelah satu ruangan bersih, maka kamu akan lebih bersemangat untuk menuju ruangan berikutnya.

2. Langsung bereskan barang setelah dipakai

Biasakan dan ajak orang rumah untuk membereskan barang langsung setelah selesai dipakai. Tempat penyimpanannya pun sebaiknya tidak jauh dari tempat penggunaannya.

3. Gunakan box atau tempat penyimpanan lucu

Masukkan printilan yang mudah tercecer di dalam box atau tempat penyimpanan lucu yang bisa sekalian jadi dekorasi. Masukkan juga sesuai kategori supaya lebih cepat dan mudah mencarinya nanti.

4. Libatkan semua penghuni rumah untuk bersih-bersih

Ajak anak-anak dan suami atau penghuni rumah lainnya untuk bersama-sama menjaga kebersihan supaya pekerjaan terasa lebih ringan. Anak-anak mulai umur 2-3 tahun sudah bisa diajarkan untuk membereskan mainannya sendiri.

5. Jangan terlalu detil

Fokus bersih-bersih pada hal-hal yang memang besar dan mengganggu pemandangan. Hal-hal detil yang menghabiskan waktu, tidak perlu dilakukan terlalu sering.

6. Less is more

Buang barang-barang lama kamu yang sudah 6 bulan lebih tidak pernah kamu cari dan tidak ada gunanya untuk kamu. Dengan berkurangnya barang, makan rumah akan lebih mudah dibereskan.

Sekian tips bersih-bersih rumah yang praktis. Semoga bisa membantu menjaga rumah kamu tetap bersih walau tanpa ART.

Happy Cleaning!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here