Manfaat Melatih Anak untuk Ikut Bantu Beres-Beres Rumah

0
Melatih Anak untuk Ikut Bantu Beres-Beres Rumah
Anak untuk Ikut Bantu urusan Rumah

Di masa liburan sekolah ini, ajak anak-anak untuk ikut bantu urusan rumah yuk, moms. Ternyata ada manfaatnya loh. 

Dari usia 2-3 tahun, anak-anak ternyata sudah bisa diajak untuk ikutan beres-beres. Dimulai dari membereskan mainan, bekas makan dan mencuci piring (yang tidak pecah). Anak-anak di usia dini, akan sangat tertarik untuk meniru apa yang orang tua lakukan.

Walau pekerjaannya belum sempurna dan tetap harus banyak diulang, tetapi kalau kita kasih kesempatan sedari dini, maka kemampuan akan terus terasah. Simak ya manfaatnya di bawah ini.

1. Mengajarkan anak untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab

Mengajarkan beres-beres rumah sama dengan mengajarkan dia untuk tidak tergantung pada orang lain. Anak-anak harus bisa memenuhi kebutuhan dasarnya sendiri sesuai kemampuannya.

2. Mengasah keterampilan dan pengetahuan

Membersihkan rumah ternyata juga merangsang motoriknya dan juga keterampilan sosialnya. Anak juga jadi tahu soal life skill dasar untuk dasar dia hidup mandiri kelak.

3. Membiasakan gaya hidup bersih

Dengan beres-beres rumah, anak-anak jadi paham pentingnya menjaga kebersihan demi kesehatan keluarga.

4. Membangun hubungan erat dengan anggota keluarga yang lain

Pekerjaan rumah yang dilakukan bareng-bareng, akan membuka kesempatan untuk ngobrol atau bercanda bersama. Sehingga tidak perlu lagi mencari waktu luang untuk berkegiatan bersama.

Itu dia manfaat mengajak anak untuk ikut dalam urusan rumah. Saat anak-anak sudah besar nanti dia akan terbiasa mandiri dan mommy juga bisa lebih santai dan tidak stress. Saat ART mudik, maka rumah pun masih tetap rapi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here