Rawat Kuku Cantikmu

0
Kuku cantik
Kuku cantik

Tak ada satu bagian tubuh pun yang terlewatkan bagi perempuan untuk dirawat. Yup, bagaimana tidak.  Setiap bagian tubuh perempuan sangat berpengaruh terhadap penampilan dan kecantikan.  Tak terkecuali, kuku. 

Selain wajah dan rambut, bagian lain yang juga cukup mendapatkan tempat untuk tampil adalah kuku.  Seperti cat kuku atau nail art dan sticker.  Karenanya, kuku yang cantik akan menambah rasa percaya diri kamu dalam penampilan.  Tapi penting juga untuk kamu ketahui cara agar kuku tetap sehat,lho.  Karena, kuku yang rusak tidak saja mempengaruhi penampilan, tapi juga menyebabkan rasa sakit. 

Contoh yang sering kita dengar adalah cantengan, yaitu kondisi dimana terjadi peradangan pada area kuku.  Selain itu, keluhan kuku lainnya adalah kuku yang terinfeksi jamur dengan munculnya bercak putih dan kuning, kuku akan mudah patah. Oleh sebab itu, memelihara kesehatan kuku menjadi sangat penting. 

Sebagaimana diketahui, kuku adalah bagian tubuh binatang yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh dikarenakan kandungan airnya yang sangat sedikit seperti tulang dan gigi.

Kuku mengalami pertumbuhan rata-rata 0,5 – 1,5 mm dalam satu minggu.  Tahukah kamu, merawat kuku bisa dilakukan sendiri dengan cara yang murah dan alami, lho.  Ini dia, caranya:

  1. Belimbing wuluh
    Buah ini bermanfaat untuk membersihkan kotoran di sela-sela kuku dan kulit luar sekaligus menguatkan kuku. Caranya mudah, cukup dengan menggosokkan potongan blimbing wuluh pada kuku yang mau dibersihkan, setelah itu bilas dengan air bersih.
  2. Lidah buaya
    Lidah buaya memang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk merawat kuku Caranya, bersihkan lidah buaya dan oleskan secara merata pada kuku. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka kuku akan terlihat lebih cantik dan bening.
  3. Getah pepaya
    Tidak semua getah itu buruk. Buktinya, getah pepaya ini sangat baik untuk membersihkan kulit di luar kkuku agar tidak mudah pecah dan mengelupas. Cukup dengan mengoleskan dan menggosokkan secara lembut pada kuku. Biarkan beberapa saat sebelum dibasuh.
  4. Lemon
    Lemon juga berkhasiat untuk memutihkan kuku. Jika kuku kamu berwarna kuning, maka lemon bisa menjadi solusinya. Caranya, siapkan perasan lemon, dan campurkan satu sendok perasan lemon dengan pasta gigi. Aduk rata, kemudian oleskan pada kuku . Tunggu hingga kering. Setelah itu basuh kuku dengan air hangat. Lakukanlah secara teratur minimal sepekan sekali, maka kita akan mendapatkan kuku dengan warna yang norma.
  5. Madu, telur dan minyak zaitun
    Seiring bertambahnya umur, maka penting bagi kita untuk memperhatikan nutrisi yang penting untuk membuat kuku kuat dan tak mudah patah. Campuran madu, telur dan minyak zaitun dipercaya dapat melembabkan dan melembutkan kuku. Campurkan dua sendok makan madu dan minyak zaitun dalam panci. Panaskan dan aduk hingga tercampur rata, kemudian siapkan kocokan telur. Campurkan adonan madu dan minyak zaitun dengan kocokan telur, oleskan pada kuku secara merata dan tunggu 10 – 15 menit, kemudian bersihkan kuku Anda.

Nah, mudah bukan? Selain tips di atas, jangan lupa memperbanyak konsumsi air putih serta konsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk memperkuat kuku.  Seperti, makanan yang terbuat dari susu dan keju, ikan pari dan ikan sarden, kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran seperti Brokoli, kangkung, bayam serta buah-buahan.  Bersihkan dan rapihkan kuku dengan gunting kuku secara rutin.  Hindari memotong kutikula dikarenakan kutikula berfungsi sebagai penahan alami kuku agar terhindar infeksi.  Tak ada salahnya pula kamu mendatangi salon kecantikan untuk manicure dan pedicure sebagai perawatan kuku terbaikmu. Selamat mencoba.

Photo by Elena Taranenko on Unsplash

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here