Luluran, Perlu Ngga, Sih?

0
Manfaat lulur
Image by JIb_Enjoy from Pixabay

Seminggu sekali datang ke salon kecantikan untuk sekedar memanjakan diri adalah ritual yang paling menyenangkan. Terlebih setelah lima hari menghabiskan waktu di tempat kerja, luluran bisa menjadi alternatif merelaksasi tubuh. Salah satu perawatan yang dilakukan adalah luluran.  Luluran adalah tradisi perawatan kecantikan yang konon katanya pada jaman dulu kerap dilakukan oleh putri keraton.

Lulur biasanya menggunakan bahan-bahan alami,  di antaranya, kopi, alpukat, bengkoang, ekstrak sirih, kunyit, bengkoang, lidah buaya, tumbukan beras, temulawak, estrak bunga melati dan lain-lain.  Luluran juga umumnya dilakukan setelah massage.  Nah, sebenarnya perlu ngga sih, luluran? Apa saja manfaat luluran bagi kecantikan? yuk, kita mengenal lulur lebih dekat. 

1. Mencerahkan Kulit Mati

Lulur berbentuk butiran-butiran halus yang berfungsi untuk membantu mengangkat lapisan kulit mati dan merangsang pertumbuhan lapisan kulit baru.  Dengan demikian, maka kulit akan tampak lebih cerah dan berseri.   Akan tetapi, bukan berarti  luluran dapat dilakukan setiap hari.  Sebab, kulit telah memiliki sistem regenerasi sel secara alami.  Melakukan luluran 2 kali dalam seminggu sudah cukup membantu kulit untuk melepaskan lapisan kulit mati. 

2. Mengencangkan Kulit

Menggunakan lulur juga mampu di manfaatkan sebagai sarana untuk lebih mengencangkan kulit. Pasalnya, saat nanti usia sudah mulai menua, kulit sudah tidak selunak dan sebagus saat ini. Kulit akan mulai kendur dan berkeriput, untuk itu jika ingin menghindari hal itu, menggunakan lulur secara rutin tiap seminggu dua kali bisa membantu mengencangkan kulit muda.

3. Memutihkan Kulit

Selain membantu mengangkat kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah, lulur juga dapat memutihkan kulit.  Ya, tentu saja sangat tergantung pada bahan-bahan kandungan lulur itu sendiri.  Bahan-bahan yang digunakan dalam lulur yang berkhasiat untuk memutihkan kulit biasanya adalah lulur yang mengandung susu, gula dan sedikit minyak zaitun.

4. Menghaluskan Kulit

Lulur dapat membantu kulit agar lebih halus. Kulit kasar dan kusam merupakan pertanda penuaan pada kulit, yang terjadi mulai usia 25-30 tahun.  Dengan luluran, maka kulit mati akan terangkat dan tergantikan dengan kulit baru yang lembut dan halus.  Lulur dengan bahan ekstrak beras dapat membantu menambah produksi kolagen yang berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit. Kandungan penting lainnya pada beras adalah vitamin E, yang mampu menutrisi kulit sehingga tampak lebih muda. 

5. Melembabkan Kulit

Untuk kamu yang memiliki kulit cenderung kering, kamu dapat menggunakan lulur berbahan susu. Asam bethidroksi pada susu berperan sebagai pelembab alami kulit.  Pelembab ini akan mengangkat dan membuang sel-sel kulit yang mati, melembutkan dan menghaluskan kulit sehingga kulit akan nampak halus dan bercahaya.  Selain itu, kamu juga bisa mencoba lulur coconut atau kelapa muda yang diyakini juga bermanfaat melembabkan kulit, mencegah keriput dan penuaan dini pada kulit. 

6. Menghilangkan Bau Badan

Untuk meningkatkan percaya diri, kamu bisa mencoba lulur berbahan dasar kopi, ekstrak sirih dan melati.  Bahan-bahan ini tak hanya mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan menutrisi kulit tapi juga menghilangkan bau badan. 

7. Merilekskan Tubuh

Melakukan luluran, berarti juga harus melakukan pemijatan pada area area tertentu. Selain untuk mengencangkan kulit, membersihkan kulit dari sel mati, lulur juga baik untuk merilekskan otot tubuh yang kaku. Dalam lulur yang menggunakan macam-macam bahan tradisional memiliki aroma yang menenangkan. Dengan kata lain manfaat luluran juga dapat membuat pikiran lebih santai dan tenang.

Wow… banyak kan manfaat luluran. Jadi, kamu sudah dapat menyimpulkan sendiri, perlunya luluran bagi kecantikan kulitmu.  Nah, yang harus diingat dalam melakukan luluran haruslah disesuaikan dengan jenis kulit.  Untuk kulit kering, hindari melakukan luluran setiap hari dikarenakan akan beresiko iritasi pada kulit.  Kamu juga bisa luluran sendiri di rumah.  Pastikan lulur yang kamu beli tidak mengandung bahan berbahaya, ya. Selamat mencoba.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here